PLN Hadirkan SPLU di Kawasan Wisata Batubara Mangrove Park, Pantai Sejarah Perupuk

Stasiun Pengisian Listrik Umum

topmetro.news – Sebagai bentuk dukungan PLN pada sektor pariwisata di Kabupaten Batubara, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematangsiantar melakukan pemasangan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Kemudian sebagai penanda operasional SPLU tersebut, PLN UP3 Pematangsiantar melakukan penandatangan MOU dengan pengelola wisata mangrove, Pantai Sejarah Perupuk Tanjung Tiram.

Turut hadir, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP sekaligus melakukan peresmian dan penyalaan SPLU sebanyak lima unit SPLU. Hadir juga Ketua DPRD Batubara M Safi’i SH dan para Forkopimcam.

Sedangkan dari PLN hadir, Senior Manajer Niaga dan Manajemen Pelanggan Chairuddin dan Manajer UP3 Pematangsiantar Joy Mart S Sihaloho.

Pada kegiatan itu, secara simbolis juga ada pengisian token listrik pada salah satu SPLU serta penyalaan di lokasi Mangrove Park, Batubara.

Wisata mangrove merupakan pantai sejarah pertama dan satu-satunya di Kabupaten Batubara. Di mana kawasan ini sangat diminati oleh masyarakat khususnya di kawasan Kabupaten Batubara.

Potensi pengunjung saat akhir pekan bisa sekira 1.500 – 2.000. Sehingga dengan adanya kawasan ini, dapat meningkatkan perekonomian dan usaha para pelaku UMKM di daerah tersebut.

Fokus UMKM

Manager PLN UP3 Pematang Siantar Joy Mart S Sihaloho mengatakan, saat ini para pelaku UMKM di lokasi Wisata Mangrove, Pantai Sejarah Perupuk masih ada yang menggunakan genset. Di mana dengan menggunakan genset sangat membebani mereka, mulai dari pembelian bahan bakar hingga pemeliharannya.

Maka dengan adanya SPLU ini, para pelaku UMKM dapat fokus menjalankan usahanya, karena sudah ada listrik dari PLN. Ke depannya PLN akan terus mengembangkan program kelistrikan khususnya di kawasan wisata mangrove.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Pematangsiantar atas respon cepat dan tanggap terhadap keluhan para pelaku UMKM di kawasan ini. Yakni dengan menghadirkan SPLU pertama di Kabupaten Batubara. Sekaligus kami mengapresiasi terkait program SPLU,” ungkap Ir H Zahir MAP.

Pada kesempatan yang sama, PLN UP3 Pematangsiantar juga menyerahkan bantuan berupa enam tempat sampah kepada Bupati Batubara.

Harapannya, dengan peresmian Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) itu, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya masyarakat Tanjung Tiram. Serta juga dapat menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan wisata mangrove.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment